Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran scramble dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar
IPS siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 112 Botto Kabupaten
Wajo tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Preexperimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 1
kelas yang berjumlah 17 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan postest
yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 6 soal. Proses analisis data
menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16,0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS
siswa kelas III yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
scramble dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan dengan
rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional yaitu 33,06 > 70,59. Selain itu, berdasarkan hasil
perhitungan uji pengaruh (effect size) dengan menggunakan rumus perhitungan
Cohen’s d, diperoleh nila effect size (d) sebesar 1,00. Dengan demikian nilai effect
size yang diperoleh menginterpretasikan bahwa penggunaan model pembelajaran
scramble dengan menggunakan media video memiliki pengaruh dalam kategori
besar. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik
dari penggunaan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media
video terhadap hasil belajar IPS siswa SDN 112 Botto Kabupaten Wajo.