DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN 112 BOTTO KABUPATEN WAJO

Show simple item record

dc.contributor.author NURWIDYAYANTI
dc.date.accessioned 2023-02-20T03:12:07Z
dc.date.available 2023-02-20T03:12:07Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4514103024
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4707
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 112 Botto Kabupaten Wajo tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Preexperimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 17 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan postest yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 6 soal. Proses analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16,0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas III yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 33,06 > 70,59. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s d, diperoleh nila effect size (d) sebesar 1,00. Dengan demikian nilai effect size yang diperoleh menginterpretasikan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media video memiliki pengaruh dalam kategori besar. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan model pembelajaran scramble dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar IPS siswa SDN 112 Botto Kabupaten Wajo. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject model pembelajaran scramble en_US
dc.subject media vidio en_US
dc.subject hasil belajar IPS en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN 112 BOTTO KABUPATEN WAJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account