DSpace Repository

OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE

Show simple item record

dc.contributor.author MUSTAKIN
dc.date.accessioned 2023-02-20T03:25:52Z
dc.date.available 2023-02-20T03:25:52Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4617103037
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4713
dc.description.abstract Tujuan penelitian yakni Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pelayanan administrasi pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene, Untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pelayanan administrasi pada bagian keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene dan Untuk mengetahui dan menganalisis kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan administrasi pada bagian keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Majene. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: Kepala bagian Keuangan, pegawai dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini yakni: Sistem pelayanan administrasi pada Bagian Keuangan Setda Kab. Majene dimana pelaksanaan ketaatan hukum dalam mengelola pajak/retribusi daerah belum sepenuhnya diterapkan di Setda Kabupaten Majene. Untuk prinsip efektif dan efisien telah diterapkan oleh Kepala bagian Keuangan Setda Kab. Majene dalam pengelolaan pajak/retribusi daerah. Sedangkan prinsip keadilan menjadi bagian penting dalam pengelolaan pajak/retribusi daerah. Masyarakat menjadi nyaman apabila pelayanan yang dilakukan dengan ramah, adil, dan tepat waktu. Kompetensi pelayanan pada bagian keuangan Setda Kab. Majene dapat dilihat dari pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh pegawai. Ada beberapa pegawai yang belum mengusai sepenuhnya pekerjaan sehari-harinya, sehingga mereka harus meminta bantuan kepada pegawai lain untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya menjadi tanggung jawabnya. Sedangkan yang berhubungan dengan kedisiplinan pegawai masih belum baik, beberapa pegawai terlambat masuk dan cepat pulang, bahkan ada yang tidak hadir tanpa pemberitahuan. Sarana dan prasarana pelayanan telah mendapat perhatian besar dari pemerintah dalam memperlancar pelayanan publik, dimana sarana pelayanan yang ada pada bagian keuangan Setda Kab. Majene telah berfungsi sebagai alat penunjang pekerjaan dalam berbagai pengurusan tanpa menunggu berjam-jam. Ada satu hal yang tidak nyaman bagi masyarakat ketika masuk kedalam ruangan bagian keuangan Setda Kab. Majene yakni ruang tunggu pelayanan Kantor Setda Kabupaten Majene pada saat ini panas sehingga banyak masyarakat yang kurang nyaman dengan ruang tunggu yang panas en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Sistem en_US
dc.subject Sarana Pelayanan en_US
dc.subject Kompetensi en_US
dc.title OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MAJENE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account