Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flash
cardterhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi di kelas III SD
Negeri Maleipea Utara tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang
digunakan adalah pre-experimental design bentuk One-Group Pretest-Posttest.
Sampel terdiri 1 kelas yang berjumlah 23 siswa.
Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan pre-eksperimentas
designs. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas III dengan jumlah sampel 23 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang dipilih berdasarkan
pertimbangan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, tes
(pretest-posttest), dan teknik analisis data peneliti menggunakan uji-t.
Hasil penelitian uji-t diperoleh thitung> ttabeldiperoleh (6,32> 1,720) maka H1
diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flash
card efektif terhadap hasil belajar lambang bilangan romawi siswa kelas III
SDNegeri Maleipea Utara