Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keaktifan belajar
peserta didik dalam pembelajaran daring di SD Inpres Lanraki I Kota Makassar.
Skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B sebanyak
25 orang.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi,
angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis data
menggunakan dua pendekatan yaitu data angket menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan statistik deskriptif, sedangkan data wawancara, observasi, dan
dokumentasi menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa peserta didik di SD Inpres Lanraki I Kota Makassar aktif dalam mengikuti
pembelajaran daring. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil skor dari angket yang
dianalisis dan diperoleh rata-rata skor nilai keaktifan belajar peserta didik dalam
pembelajaran daring yaitu 84,48 dalam kategori aktif. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pembelajaran daring dengan
keaktifan belajar peserta didi