Abstract:
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka melalui penerapan strategi
aktivitas membaca berfikir terbimbing, tujuan khusus penelitian ini:
1. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa dalam
menentukan ide pokok suatu bacaan. 2. Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman interpretif siswa dalam
menarik kesimpulan isi bacaan.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur
ulang/siklus,yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek Penelitian yang dijadikan populasi dalam penelitian ini diambil adalah
guru dan siswa. Siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka yang berjumlah 21 orang dan
terdaftar pada semester ganjil.
Teknik pengumpulan data untuk pengambilan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, dan catatan selama proses
pembelajaran berlangsung. Teknik Analisis data dalam pelaksanaan penelitian
tindakan kelas dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data
dapat dilakukan setelah melihat data yang telah dikumpulkan melalui tes,
wawancara, dan observasi selama tahapan-tahapan (siklus) yang telah dilewati.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi aktivitas
membaca berfikir terbimbing dalam pembelajaran membaca pemahaman
interpretatif dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman
interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka. Saran penelitian adalah kepada
guru sekolah dasar agar menggunakan strategi aktivitas membaca berpikir
terbimbing sebagai salahsatu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam
menentukan ide pokok dan menarik kesimpulan isi bacaan