DSpace Repository

PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERFIKIR TERBIMBING SISWA KELAS IV SDN 4 SAPUKA KECAMATAN LIUKANG TANGAYA KABUPATEN PANKAJE’NE KEPULAUAN

Show simple item record

dc.contributor.author SAKARIA
dc.date.accessioned 2023-02-21T01:30:26Z
dc.date.available 2023-02-21T01:30:26Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 4512103104
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4729
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka melalui penerapan strategi aktivitas membaca berfikir terbimbing, tujuan khusus penelitian ini: 1. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman interpretatif siswa dalam menentukan ide pokok suatu bacaan. 2. Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman interpretif siswa dalam menarik kesimpulan isi bacaan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus,yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian yang dijadikan populasi dalam penelitian ini diambil adalah guru dan siswa. Siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka yang berjumlah 21 orang dan terdaftar pada semester ganjil. Teknik pengumpulan data untuk pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, dan catatan selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik Analisis data dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Analisis data dapat dilakukan setelah melihat data yang telah dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi selama tahapan-tahapan (siklus) yang telah dilewati. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi aktivitas membaca berfikir terbimbing dalam pembelajaran membaca pemahaman interpretatif dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman interpretatif siswa kelas IV SD Negeri 4 Sapuka. Saran penelitian adalah kepada guru sekolah dasar agar menggunakan strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing sebagai salahsatu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok dan menarik kesimpulan isi bacaan en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Membaca Pemahaman Interpretatif en_US
dc.subject Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing. en_US
dc.title PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN INTERPRETATIF MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERFIKIR TERBIMBING SISWA KELAS IV SDN 4 SAPUKA KECAMATAN LIUKANG TANGAYA KABUPATEN PANKAJE’NE KEPULAUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account