Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan
mengetahui korelasi antara kerapian catatan pelajaran dengan prestasi belajar
bahasa Indonesia. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Pai 2 Kota
Makassar, Adapun sampel penelitian ini adalah 30 orang, Instrumen yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi.Hasil penelitian adalah (1) Kerapian
Catatan Pelajaran berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 33,3% (2)
Prestasi Belajar Bahasa Indonesia berada pada kategori cukup tinggi dengan
persentase sebesar 33,3%, (3) Ada hubungan yang positif dan berarti antara
catatan pelajaran dengan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien
korelasi ganda 0,793, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima,
selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0,629. Dengan hasil
penelitian ini, hendaknya guru mampu memupuk dan mengembangkan kerapian
cacatan pelajaran murid sehingga dapat tercapai hasil yang maksimal.