Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Mangkura
I Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Mangkura I Makassar dengan
jumlah sampel sebanyak 78 siswa dengan menggunakan purposive random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan pada penelitian ini maka
pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN
Mangkura I Kota Makassar sangat memuaskan. Adapun pengaruh kedisiplinan
guru di SDN Mangkura I Makassar antara lain: 1) Guru datang 15 menit sebelum
jam pelajaran dimulai, dipresentasikan pada poin ini maka sebanyak 86% atau 15
responden yang memberikan jawaban untuk kategori ya sedangkan untuk
kategori tidak sebanyak 11 orang atau 14%. Artinya hasil penelitian tersebut guru
SDN Mangkura I Makassar datang tepat waktu.
Motivasi belajar siswa di SDN Mangkura I Makassar diantaranya Siswa
belajar atas kemauan sendiri, diprensentasikan maka sebanyak 90% atau 70 orang
memberikan jawaban untuk kategori ya, sedangkan untuk kategori tidak
mendapatkan jawaban dari 8 orang siswa atau 6% dan berdasarkan hasil
penelitian tersebut maka untuk motivasi belajar peserta didik kelas V SDN
Mangkura I Makassar memiliki motivasi belajar yang baik. Dapat disimpulkan
bahwa kedisplinan guru terhadap motivasi belajar siswa sangan memuaskan di
SDN Mangkuran I Makassar dan berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang
diperoleh 0,99% berdasarkan uji koefisien tregresi sderhana.