Abstract:
Tujuan penelitian ini dilakukan mengamati kurangnya motivasi
belajar murid pada pelajaran puisi. Kemudian dengan melihat kelebihan
dari pembelajaran di luar kelas maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menerapkan
metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres
Tamajene Makassar, yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran di
luar kelas dapat mengembangkan proses pembelajaran dan hasil
kemampuan menulis puisi anak. Hal ini dapat dilihat saat pertemuan
pertama. Pada pertemuan kedua, siswa melakukan pembelajaran di luar
kelas, siswa diminta untuk memilih satu objek yang ada di sekitar halaman
sekolah, untuk dijadikan bahan objek menulis puisi. Pada pertemuan
ketiga, siswa sangat antusias mengamati gambar yang telah disediakan
guru. Lalu siswa dan guru menyepakati tema yang akan dipakai untuk
menulis puisi yang akan dilakukan di luar kelas. Dilihat dari segi rata-rata
kelas dan presentase ketuntasan siswa, nilai rata-rata pada kondisi awal
adalah 52,6, pertemuan pertama sebesar 67,8 dan pertemuan terakhir
sebesar 74,1. Sedangkan presentase ketuntasan siswa pada kondisi awal
sebesar 5%, pertemuan pertama sebesar 49%, dan pertemuan terakhir
sebesar 85%.Hal ini menandakan bahwa penelitian ini dihentikan pada
saat pertemuan keempat, karena kriteria keberhasilan penelitian telah
tercapai.