Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V
SDN 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah
dalam peningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 7 Gandeng Kecamatan
Baraka Kabupaten enrekang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap
siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek
penelitian yang akan diteliti adalah Guru dan Siswa Kelas V SDN 7 Gandeng
Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang berjumlah 21 siswa yang terdiri
dari 6 Laki-Laki dan 15 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tercatat aktivitas
mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masih dalam ketegori Cukup sehingga
hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil pada kategori cukup dengan
persentase 0,5%, dikarenakan sisklus I belum berhasil maka guru dan peneliti
melanjutkan kesiklus II, dengan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan
aktivitas belajar siswa menunjukkan pada kategori baik sehingga hasil belajar
siswa menunjukkan pada kategori baik dengan persentase 65%, dikarenakan hasil
belajar pada siklus II telah mencapai keberhasilan yang diinginkan maka
penelitian ini di hentikan dengan kesimpulan penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Gandeng
Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.