Abstract:
Penelitian ini bertujuan peningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui
Kooperatif Tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Inpres Pampang II Kota
Makassar. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes dan observasi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Pampang II Kota Makassar
Dengan Jumlah Siswa 25 Siswa.
Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Kooperatif Tipe Jigsaw
Materi Kebudayaan Indonesia menunjukkan baik setelah dilakukan pada
siklus II berdasarkan permasalahan yang dialami siswa pada siklus I. Hal
ini dibuktikan dari siklus I, yaitu yang mendapatkan nilai 80 ke atas
sebanyak 8 orang atau 32,00%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai
nilai kurang dari 80 sebanyak 17 orang atau 68,00%. Sedangkan pada
siklus II, ada peningkatan menunjukkan bahwa jumlah siswa yang
mencapai nilai 80 ke atas sebanyak 20 orang atau 80,00%. Sedangkan
jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 80 yaitu 5 orang atau
20,00%. Oleh karena itu, penelitian ini meningkat. Di sini dapat dilihat
bahwa Materi Kebudayaan Indonesia Di Kelas IV SD Inpres Pampang II
Kota Makassar dengan menerapkan kooperatif tipe jigsaw sudah
meningkat.