Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar
Matematika pada Siswa Kelas V SDN 10 Parenring Kabupaten Barru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu soal tes essai sebanyak 6 nomor serta
lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang
signifikan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap
Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 10 Parenring
Kabupaten Barru, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menurun dilihat dari nilai rata-rata
pada hasil pretest sebesar 14,44 dan nilai rata-rata pada hasil posttest
sebesar 12 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan
keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan
terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang
termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji
“t” yang menunjukkan nilai –ttabel sebesar -2,101 lebih kecil dari thitung
sebesar 0,51 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,093 pada taraf signifikasi 0,05,
sehingga Hipotesis alternatif (Ho) yang menyatakan tidak ada pengaruh
yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing
Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 10
Parenring Kabupaten Barru