Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model mind mapping
dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Negeri 240 Baddo-Baddo Kabupaten
Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD
Negeri 240 Baddo-baddo Kabupaten Maros, dibuktikan dengan hasil analisis
statistik deskriptif yang menujukkan hasil belajar siswa meningkat dilihat dari
nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 38,4 dan nilai rata-rata posttest sebesar
75,2. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji-t yang
menujukkan nilai lebih besar dari atau 12,35 lebih besar dari 2,069
pada taraf signifikan 0,05, sehingga yang menyatakan terdapat pengaruh
penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Negeri
240 Baddo-baddo Kabupaten Maros diterima. Dilihat dari hasil tersebut
disarankan agar model pembelajaran mind mapping dapat digunakan dalam proses
belajar mengajar.