Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio Visual terhadap hasil belajar
PKn Kelas IV SD Negeri Teemoane Kabupaten Wakatobi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan model Role Playing berbantuan media Audio Visual. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 10 orang. Penelitian dilaksanakan
sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik tes dan observasi yang dianalisis dengan statistic
deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan rumus Lilliefors
dan rumus uji t Independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Role
Playing berbantuan media Audio Visual terhadap hasil belajar PKn Kelas IV Sd
Negeri Teemoane Kabupaten Wakatobi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil
analisis uji t Independen diperoleh nilai hasil belajar siswa yaitu
. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif antara model pembelaj