Abstract:
Adapun tujuan Peneliti adalah apakah dengan menerapkan
permainan tebak gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
tentang pancaindra pada siswa kelas IV. Bagaimanakah penerapan
pembelajaran permainan tebak gambar dapat meningkatkan hasil belajar
siswa tentang pancaindra pada siswa kelas IV. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas empat
tahap yaitu rencana,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru SD Negeri 22
Kabupaten Maros.Teknik Pengumpulan data dan teknik analisis data.
Data yang di dapat pada pra siklus 48,45%, di mana data ini menjelaskan
kurangnya siswa dalam memahami materi pancaindra. Setelah itu
dilaksanakan siklus I dengan hasil 36,67%, pada siklus ini siswa bertahap
mulai memahami meski belum maksimal dan masih ada yang belum
paham tapi di dapat nilai yang lumayan meningkat, dan pada siklus II di
dapat hasil 80% hasil yang di dapat pada siklus II ini cukup memuaskan di
mana hampir semua siswa sudah paham pada materi pancaindra di kelas.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi tebak
gambar pada proses pembelajaran di kelas pada materi pancaindra di
kelas IV siswa dapat lebih aktif dan lebih antusias dalam mengikuti
pembelajaran yang berlangsung karena siswa di ajak belajar sambil
bermain