Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh media televisi terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri Sipala 1 makassar, dengan memilih 20 orang
siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan
teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara.
Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan analisis
presentase, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang
berkaitan dengan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis ;
Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan test t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa media elektronik televisi (X),
berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPS (Y) yang ditunjukkan
dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,44. Sedangkan untuk uji
signifikan uji t diperoleh bahwa t hitung yang diperoleh adalah lebih besar
dari ttabel (0,44>0,195), pada taraf signifikan 5%.
Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel media
elektronik TV (X) berpengaruh sebesar 19,36% terhadap variabel hasil
belajar IPS (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 80,64% adalah
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.