PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SIPALA 1 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ISTIQAMAH, YUMNA
dc.date.accessioned 2023-02-22T07:14:08Z
dc.date.available 2023-02-22T07:14:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103108
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4780
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media televisi terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sipala 1 makassar, dengan memilih 20 orang siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan analisis presentase, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis ; Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan test t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media elektronik televisi (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPS (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,44. Sedangkan untuk uji signifikan uji t diperoleh bahwa t hitung yang diperoleh adalah lebih besar dari ttabel (0,44>0,195), pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel media elektronik TV (X) berpengaruh sebesar 19,36% terhadap variabel hasil belajar IPS (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 80,64% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject media elektronik televisi (menonton televisi) en_US
dc.subject Hasil belajar IPS en_US
dc.title PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI SIPALA 1 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account