Abstract:
Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia
Kelas V SDN 34 Pakere Kabupaten Maros.
Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Pre –
Experimental Designs. Sampel yang menjadi penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN 34 Pakere Kabupaten Maros, dengan jumlah sampel
sebanyak 28 (dua puluh delapan) orang, Data dalam penelitian
dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya diolah
dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial, dari hasil analisis data uji hipotesis thitung yaitu 5,222
dan ttabel yaitu 1,703 maka thitung > ttabel. Dengan demikian HI duterima
dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
terhadap hasil belajar Bahasa Indoneisa kelas V SDN 23 Pakere
Kabupaten Maros.