Abstract:
Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yaitu penelitian yang
dilakukan sesudah perbedaan-perbedaan dalam variabel bebas terjadi karena
perkembangan suatu kejadian secara alami. Jika ada pengaruh positif variabel A
terhadap variabel B berarti penelitian tersebut memiliki korelasi. Metode yang
digunakan adalah korelasi, yaitu suatu penelitian yang melibatkan tindakan
pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan
antara dua variabel atau lebih. Sampel penilitian ini adalah kelas V sebanyak 32
orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan. Teknik pengumupulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan
dokumentasi yang dianalisis menggunakan rumus rata-rata persentase dan rumus
korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Antara Persepsi
Siswa Tentang Manajemen Kelas Guru dan Prestasi Belajar Siswa SDN
Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Dari hasil
perhitungan diperoleh skor rata-rata aspek menejemen kelas sebesar 58,4 dengan
persentase 73,03 yang berada dalam rentang nilai 50-59 dengan klasifikasi
kurang, dan berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai koefisien korelasi
atau rxy= 0,49 yaitu berada dikategori sedang atau cukupan berdasarkan pedoman
pemberian interpretasi terhadap angka indeks korelasi “r” produk moment. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara
hubungan manajemen kelas guru dan prestasi belajar siswa