Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat
pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SD Inpres
Pampang I Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif. Subjek penelitian
adalah siswa kelas III SD Inpres Pampang I Makassar tahun ajaran
2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data adalah
angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunkan adalah
analisi korelasi sederhana.
Hasil penelitian pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap
prestasi belajar siswa kelas III di SD Inpres Pampang 1 Makassar dengan
latar belakang tingkat pendidikan orang tua kategori rendah nilainya
adalah 0˂0,057˂0,50 sama dengan lemah positif, untuk kategori sedang
nilainya adalah 0˂0,154˂0,50 sama dengan lemah positif, untuk kategori
tinggi nilainya adalah +0,51<0,659<+1 sama dengan kuat positif dan
pengaruh tingkat pendidikan orang tua secara keseluruhan sebanyak 28
siswa adalah 0˂0,074˂0,50 sama dengan lemah positif. Pengaruh tingkat
pendidikan orang tua (x) terhadap prestasi belajar siswa kelas III (y) di SD
Inpres Pampang I Makassar adalah lemah positif atau relatif kecil dan
perubahannya berjalan searah. Jadi hipotesisi yang mengatakan bahwa
tingkat pendidikan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap prestasi belajar siswa, diterima. H1 diterima dan H0 ditolak