Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media
permainan boneka tangan terhadap hasil belajar IPS siswa siswa kelas IV.
Penelitian ini di laksanakan di SD Inpres Tello Baru 1/1 Makassar tahun ajaran
2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiman dengan
Desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 1 kelas yang
berjumlah 19 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan postest yang berupa
soal pilihan ganda berjumlah 10 soal. Analisis data menggunakan uji-t.
Hasil Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa
kelas IV dengan menggunakan media permainan boneka tangan lebih lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar IPS siswa yang tidak menggunakan
media pembelajaran yaitu 59 > 73. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang baik dari penggunaan media permainan boneka tangan terhadap hasil belajar
IPS siswa SD Inpres Tello Baru 1/1 Makassar.