Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan kemampuan
siswa dalam menulis, Terutama menyusun kalimat efektif
berdasarkan teks tulis.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif tehnik penelitian ini di lakukan dengan memberikantugas
menulis kalimat efektif berdasarkan teks tulisan kepada siswa.
Instrumen yang di gunakan adalah petunjuk dan batasan kalimat
efektif. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang di nilai dari
aspek subtansi dan aspek kebahasaan. Aspek subtansi terdiri atas
kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyusuaikan
isi kalimat efektif dengan teks tulisan.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kempuan siswa dalam
menyusun kalimat efektif dengan menggunakan teks tulis tersebut
sudah mampu. Ini dapat dilihat dari segi presentase, Siswa
memperoleh nilai pada kategori sangat baik sebayak 19 Siswa
(45,2%). Kategori baik 18 Siswa (42,9%). Dihubungkan dengan
standar kelulusan minimal di SMP Negeri 3 Langgudu Kabupaten
Bima, maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas VII sudah mapu
menyusun kalimat efektif berdasarkan teks tulis