Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan PembelianMinuman Merek Yotta Di Kelurahan Daya
Biringkanaya Kota. Objek penelitian ini adalah sebagian konsumen yang tinggal
di Kelurahan Daya kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Metode sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan
teknisSlovin. Jumlah konsumen yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah
300Orang. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang
dibagikan kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor Budaya tidak berpengaruh
Keputusan Pembelian. Yang ditujunkkan oleh nilai thitung = -433< ttabel = 0,125
maka Faktor Budaya tidak berpengaruh dengan tingkat signifikansi sebesar
0,665> 0,05 menujukkan angka yang tidak signifikan. 2) Faktor Sosial tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Yang ditunjukkan
oleh nilai thitung = 2,131< ttabel = 0,125 maka Faktor Budaya tidak berpengaruh
dengan nilai sebesar 0,034> 0,05 menujukkan angka yang tidak signifikan. 3)
Faktor Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3.716<ttabel = 0,125 maka Faktor Pribadi
berpengaruh positif dengan nilai sebesar 0,000< 0,05 menujukkan angka yang
signifikan. 4) Faktor Psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian. Yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 7,836>ttabel = 0,125
maka Faktor Pribadi berpengaruh positif dengan nilai sebesar 0,000< 0,05
menujukkan angka yang signifikan