Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Kemampuan
Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara siswa
kelas VIII MTs. Negeri 2 Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian
adalah 382 siswa dan sampelnya sebanyak 42 siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian. Instrumen
penelitian yang dimaksud berupa teks karangan argumentasi. Data
penelitian dianalisis dengan teknik pengskoran nilai rata-rata yang dicapai
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan
mengembangkan karangan narasi berdasrkan teks wawancara siswa kelas
VIII MTs. Negeri 2 Makassar masih sangat minim atau belum memadai
karena belum 85% siswa yang mendapat nilai diatas 65. Diantara 42
orang siswa sampel dalam penelitian ini, tidak seorangpun yang
memperoleh skor 100 sebagai skor maksimal, skor tertinggi yang
diperoleh siswa adalah 75, dan skor terendah yang diperoleh adalah 30.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas sebanyak 18 orang dan
yang mendapat nilai dibawah 65 sebanyak 24 orang