Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis
Karangan Persuasi Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP 25 Makassar. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu
berusaha menggambarkan dan menginterprestasi sesuai objek yang dilitian
mendeskripsikan dan menginterpretasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII-2 SMP 25
Makassar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan teliti dengan cara
memberikan skor terhadap hasil pekerjaan siswa.
Hasil penelitian membuktikan bahwa mahasiswa yang memperoleh
nilai 75 ke ≥ sebanyak 14 orang (46.6%) dan yang memperoleh skor kurang
dari 75 sebanyak 16 orang (53.3%). Dari hasil analisis data diatas dapat
disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Pada Siswa
Kelas VIII-2 SMP 25 Makassar dikatakan tidak Mampu.