Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas
VIII SMP Negeri 8 Makassar dalam membedakan kata-kata yang homonim dan
homograf. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampel dan peneliti memilih kelas VIII.1 sebagai sampel dengan
jumlah siswa 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa
tes dalam bentuk pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa sampel
yang memperoleh nilai 6,5 ke atas sebanyak 23 orang siswa dengan presentase
60,53%, sedangkan sampel yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah sebanyak 15
orang siswa dengan presentase 39,47%. Dengan demikian kemampuan
membedakan kata-kata homonim dan homograf dalam kalimat bahasa Indonesia
siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar dikatakan tidak mampu, karena tidak
memenuhi KKM ( Kriteria Komulatif Minimum ) 80