Abstract:
Penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja guru, menggambarkan kinerja guru di SDN 233 Ussu, kinerja guru
berdasarkan tugas dan tanggung jawab guru dalam mempersiapakan peserta didik belajar dan mendidik peserta didik dengan
budi pekerti, menyiapakan proses pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menyiapakan penilaian. Penelitian ini juga
bertujuan untuk menggambarkan peran kepala sekolah di SDN 233 Ussu dimana kepala sekolah sebagai menejer, pemimpin,
adminstator dan supervesor. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, data diperoleh dari sejumlah informan di
SDN 233 Ussu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SDN 233 Ussu Kabupaten Luwu Timur dapat dikatakan
telah baik sesuai dengan kriteria dan sasaran kerja guru yakni telah menpersiapakan pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran dan menilai hasil belajar serta melengkapi administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleg guru.
Selanjutnya untuk peran kepala sekolah sebagai menejer, pemimpin, administor dan supervesor, kepala sekolah SDN 233
Ussu telah menjalankan perannya dengan sangat baik, meskipun ada sebagaian kecil yang masih perlu untuk ditingkatkan
namun secara keseluruhan kinerja guru dan peran kepala sekolah telah terlaksakan sesuai dengan aturan dan uraian tugasnya.