Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh simultan bauran
promosi, periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan pribadi
(personal selling), publisitas dan pemasaran langsung (direct marketing). terhadap
peningkatan tingkat hunian pada Hotel Horison Ultima Makassar dan mengetahui variabel
bauran promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap peningkatan tingkat
hunian pada Hotel Horison Ultima Makassar.
Penelitian ini dilakukan pada hotel Horison Ultima Makassar. Model penelitian
adalah dengan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan
cara terjun langsung ke perusahaan untuk mendapatkan data primer melalui pengamatan dan
wawancara dengan pimpinan perusahaan. Metode penelitian lain yang digunakan dalam
penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research) yang dilaksanakan dengan
membaca buku-buka yang berhubungan dengan masalah yang diteliti serta hasil penelitian
lainnya yang dapat menunjang penelitian ini.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji
t. Regresi linear berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan antara variabel
bebas dan variabel terikat. Uji F sering disebut uji simultan, yang digunakan untuk menguji
apakah variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan perubahan
nilai variabel dependen atau tidak. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masingmasing variabel independen yang terdiri dari periklanan (advertising), promosi penjualan
(sales promotion), penjualan pribadi (personal selling), publisitas dan pemasaran langsung
(direct marketing) terhadap peningkatan tingkat hunian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi meliputi periklanan
(advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan pribadi (personal selling),
publisitas, dan pemasaran langsung (direct marketing) berpengaruh terhadap peningkatan
tingkat hunian pada hotel Horison Ultima Makassar dan yang paling dominan terhadap
penigkatannya adalah pemasaran langsung (direct marketing).