Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Meningkatan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 7
Pamantauang Kecamatan Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25
orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan pada semester
Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,
setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
tes kemampuan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan
lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar
dianalisis secara kuantitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses
pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman obsevasi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial 66,4 dan berada pada kategori baik dan
meningkat pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar ilmu pengetahuan
sosial berada pada nialai rata-rata 80,40 berada pada kategori yang
sangat baik. Ketuntasan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa
meningkat setelah digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI) yaitu pada siklus I terdapat 10 yang belum tuntas dari
seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa dalam
mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan
semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat
mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan
siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasis analisis di atas dapat
disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation (GI) dapat meningkatkan hasi belajar ilmu pengetahuan
sosial pada siswa kelas IV SDN 7 Pamantauang kecamatan Liukang
Kalmas kabupaten Pangkep