PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 7 PAMANTAUANG KECAMATAN LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP

Show simple item record

dc.contributor.author HASRIATI
dc.date.accessioned 2023-03-09T06:06:34Z
dc.date.available 2023-03-09T06:06:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103102
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5122
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 7 Pamantauang Kecamatan Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kuantitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar ilmu pengetahuan sosial 66,4 dan berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar ilmu pengetahuan sosial berada pada nialai rata-rata 80,40 berada pada kategori yang sangat baik. Ketuntasan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa meningkat setelah digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) yaitu pada siklus I terdapat 10 yang belum tuntas dari seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasis analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV SDN 7 Pamantauang kecamatan Liukang Kalmas kabupaten Pangkep en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pembelajaran Group Investigation en_US
dc.subject Hasil Belajar IPS en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SDN 7 PAMANTAUANG KECAMATAN LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account