Abstract:
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menentukan
kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 8
Makassar. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri guna
meningkatkan kemampuan menentukan kalimat utama pada siswa kelas
VIII-4 SMP Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian ini yakni PTK dilakukan
dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam
penelitian ini yang dijadikan subjek penelitian yakni siswa kelas VIII-4
SMP Negeri 8 Makassar dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus.
Hasil pengolahan data membuktikan bahwa terjadi peningkatan
kemampuan menentukan kalimat utama dengan menerapkan model
pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 8 Makassar. Hal
tersebut terbukti dari hasil penelitian siklus I dan siklus II. Nilai yang
diperoleh siswa pada siklus I yang mencapai KKM hanya 12 orang
dengan persentase 40% dari jumlah siswa keseluruhan yaitu 30 orang.
Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 27
siswa dengan persentase 90% dari jumlah siswa keseluruhan yaitu 30
siswa.