Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Adira dinamika multi finance, tbk cabang
makassar 1. (dibimbing oleh Dr. Hasanuddin Remmang, SE.,M.Si sebagai
pembimbing I dan Dr.H.A.Arifuddin Mane, SE.,M.Si.,SH.,M.H sebagai
pembimbing II).
Desain penelitian ini menggunakan desain kualitas dengan sampel yang
berjumlah 90 responden yang disebar kepada pelanggan yang loyal pada PT. Adira
dinamika multi finance, tbk cabang Makassar 1. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda adalah
bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira
Dinamika Multi finance, tbk cabang Makassar 1, kehandalan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Dinamika Multi finance, tbk
cabang Makassar 1, ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan PT. Adira Dinamika Multi finance, tbk cabang Makassar 1,
jaminan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
PT. Adira Dinamika Multi finance, tbk cabang Makassar 1, empati berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Adira Dinamika Multi
finance, tbk cabang Makassar 1, bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan,
empati secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan PT. Adira Dinamika Multi finance, tbk cabang Makassar 1.