Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Model Concept
Sentence Efektif dalam Pembelajaran Menulis Diskripsi pada siswa Kelas VII
SMP Negeri 35 MAKASSAR?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode
concept sentence terhada menulis deskripsi pada kelas VII SMP Negeri 35
Makassar dengan model inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP
Negeri 35 Makassar pada bulan September s.d September, semester genap tahun
pelajaran 2020/2021.
Subjek penelitian adalah kelas VII, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.4
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas control. Jumlah siswa
kelas VII.4 adalah 23 orang siswa dan jumlah siswa kelas VII.7 adalah 23 orang
siswa.
Melihat dari hasil yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menerapkan model concept sentence efektif untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia materi menulis deskripsi,
dengan rata-rata nilai hasil kognitif kelas eksperimen 76,3043 dan rata-rata nilai
kelas kontrol diperoleh 67,1739, thitung = 2,7029 dan ttabel = 2,015 karena thitung
lebih besar dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, Maka dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan model concept sentence efektif