Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik skipping
ayunan visual dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa
kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Makassar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri
35 Makassar sebanyak 27 orang. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan tahapan meliputi perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode dan observasi yang selanjutnya dianalisis dengan
teknik kuantitatif.
Berdasarkan proses belajar mengajar siswa kelas VIII-2 SMP
Negeri 35 Makassar pada siklus I dalam tes membaca cepat terdapat 21
atau 77,78% siswa yang mecapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 73,19,
pada tes pemahaman ide pokok terdapat 22 siswa atau 81,5% siswa yang
mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 85,14. Pada siklus II terjadi
peningkatan hasil membaca siswa dari 21 siswa menjadi 27 siswa atau
100% siswa yang mecapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 81,66,
peningkatan pada hasil tes pemahaman ide pokok terdapat 24 siswa atau
88,88% siswa yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 87,41.
Pada siklus II ini menunjukkan bahawa penggunaan teknik skipping
ayunan visual dalam kegiatan membaca cepat untuk menemukan ide
pokok mengalami peningkatan pada hasil belajar mengajar siswa kelas
VIII-2 SMP Negeri 35 Makassar