Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh display contes Top
Kopi terhadap keputusan pembelian pada PT Wings Surya di Surabaya. Rumusan
masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan penurunan keputusan pembelian
sebelum berjalan kegiatan promosi display contes. Metode dalam penelitian
adalah kuantitatif, sehingga diharapkan hasilnya dapat menjelaskan hubungan
antara teori dengan fenomena yang terjadi melalui proses pengukuran data
berdasarkan survei di lapangan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear
berganda. Objek Responden penelitian ini adalah konsumen PT Wings Surya di
Surabaya.
Keputusan pembelian merupakan bagian dari perilaku konsumen berupa tindakan
langsung yang dilakukan dalam usaha memperoleh maupun menentukan produk
dan jasa, umum nya bermula pada pengenalan kebutuhan, kemudian berlanjut
pada pencarian informasi, berkembang ke dalam evaluasi alternative, sehingga
berakhir pada keputusan membeli suatu barang yang disertai dengan perubahan
perilaku pasca membeli. Display contes dilakukan untuk mengkomunikasikan
produk ke konsumen dengan memperlihatkan produk secara masif sehingga dapat
mengarahkan konsumen dari tidak tertarik menjadi tertarik, kemudian mencari
informasi dan berakhir pada keputusan pembelian. Display contes merupakan
salah satu strategi PT Wings Surya di Surabaya dalam usaha memperoleh
keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan meliputi attention,
interest, desire.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa display contes dengan
variabel attention dan desire berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, namun untuk variabel interest kurang berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian.