Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pengucapan
bahasa inggris pada bunyi vokal khususnya vokal pendek dan vokal
panjang yang dilakukan oleh siswa kelas VIII di SMPN 8 Makassar.
Penelitian ini menggunakan descriptive qualitative. Populasi terdiri
dari 15 kelas yang jumlah 540 siswa. Sampel terdiri dari 1 kelas yaitu
kelas VIII.9 dengan jumlah 34 siswa. Data diperoleh melalui tes membaca
paragraf. Data dianalisis menggunakan kamus Oxford Learner‟s Pocket
oleh Victoria Bull.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
SMPN 8 Makassar membuat kesalahan pengucapan pada vokal pendek
[I]. Rata-rata siswa membuat kesalahan sekitar 88.89%. sebagian besar
siswa membuat kesalahan dalam mengganti vokal panjang untuk vokal
pendek, vokal pendek untuk vokal panjang dan mereka juga
mengucapkan kata-kata bahasa inggris seperti tulisannya.