Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kemampuan menulis
cerpen siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar tanpa menggunakan
menerapkan model pembelajaran kooperatif: (2) kemampuan menulis kelas
VIII Smp Negeri 8 Makassar menggunakan model pembelajaran tipe stad
dan (3) efektivitas strategi kooperatif tipe stad dalam pembelajaran menulis
cerpen siswa kelas VIII S mp Negeri 8 Makassar
Desain penelitian ini adalah eksperimen Student Team Achievement
Division .Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas VIII
Smp Negeri 8 Makassar yang berjumlah 466 orang.Sampel penelitian ini
ditetapkan sebanyak 60 orang,yaitu kelas VIII .Penarikan sampel dilakukan
dengan Random Sampling .Instrumen yang di gunakan adalah tes .Analisis
data menggunakan teknik statistik deskriptif,yaitu uji t.
v
Temuan penelitian ini (1) kemampuan menulis cerpen tanpa
menggunakan model pembelajaran siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar
dikategorikan belum memadai, yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 82
ketas berjumlah 9 orang (30%) dan siswa yang memeroleh nilai dibawah 82
berjumlah 21 orang (70%); (2) kemampuan menulis cerpen dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif siswa kelas VIII Smp Negeri 8
Makassar dikategorikan memadai,yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai
82 ke atas berjumlah 23 orang (76,67%) dan siswa yang memeroleh nilai
dibawah berjumlah 7 orang (23,33%);dan (3 ) model pembelajaran kooperatif
efektif diterapkan dalam pembelajaran kemampuan menulis cerpen siswa
kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar karena t hitung > t tabel atau 4,526>
1,67155.
Sesuai dengan temuan penelitian ini,disarankan: ( 1) guru hendaknya
selalu memberi pelatihan peroses menulis sehingga siswa selalu termotivasi;
( 3) siswa hendaknya giat berlatih –berlatih dan mengembangkan bakat dan
minat membaca sehingga dapat menuangkan gagasan dan ide dengan
lancer