DSpace Repository

EFEKTIVITAS STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ZAINA, LESTIANA
dc.date.accessioned 2023-03-13T06:36:06Z
dc.date.available 2023-03-13T06:36:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513102060
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5232
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar tanpa menggunakan menerapkan model pembelajaran kooperatif: (2) kemampuan menulis kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar menggunakan model pembelajaran tipe stad dan (3) efektivitas strategi kooperatif tipe stad dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII S mp Negeri 8 Makassar Desain penelitian ini adalah eksperimen Student Team Achievement Division .Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar yang berjumlah 466 orang.Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 60 orang,yaitu kelas VIII .Penarikan sampel dilakukan dengan Random Sampling .Instrumen yang di gunakan adalah tes .Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif,yaitu uji t. v Temuan penelitian ini (1) kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan model pembelajaran siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar dikategorikan belum memadai, yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 82 ketas berjumlah 9 orang (30%) dan siswa yang memeroleh nilai dibawah 82 berjumlah 21 orang (70%); (2) kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar dikategorikan memadai,yaitu siswa sampel yang memeroleh nilai 82 ke atas berjumlah 23 orang (76,67%) dan siswa yang memeroleh nilai dibawah berjumlah 7 orang (23,33%);dan (3 ) model pembelajaran kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII Smp Negeri 8 Makassar karena t hitung > t tabel atau 4,526> 1,67155. Sesuai dengan temuan penelitian ini,disarankan: ( 1) guru hendaknya selalu memberi pelatihan peroses menulis sehingga siswa selalu termotivasi; ( 3) siswa hendaknya giat berlatih –berlatih dan mengembangkan bakat dan minat membaca sehingga dapat menuangkan gagasan dan ide dengan lancer en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title EFEKTIVITAS STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account