Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa
kelas VIII di SMP Negeri 35 Makassar dalam menulis Paragraf Deduktif.
Pada dasarnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif sebagaimana
menggunakan metode deskriptif yaitu memaparkan kemampuan menulis
paragraf deduktif siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Makassar dengan
siswa kelas VIII sebagai populasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas
VIII-3 sebagai sampel karena, kondisi keefektifan dan efesien penelitian
serta kondisi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
memberikan tes yang terdiri dari 1 soal. Data yang terkumpul dianalisis
dengan mengklasifikasikan data ke dalam kriteria skor, kemudian
menentuan skor rata-rata dan tingkat persentasenya.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam
menulis paragraf Deduktif mencapai persentase 82,35%. Diindikasikan
bahwa 16 siswa memperoleh skor dengan kriteria sangat baik, 12 siswa
memperoleh skor dengan kriteria baik, dan 3 siswa memperoleh skor
dengan kriteria cukup dan 3 siswa mencapai skor dengan kriteria kurang.
Penulis menyimpulkan bahwa kemampuan siswa SMP Negeri 35 dalam
dalam menulis Paragraf deduktif dapat dikategorikan sudah memadai. Hal
ini bisa dilihat dari jumlah persentase yang mencapai hasil rata-rata dan
jumlah siswa yang banyak mendapat kriteria di atas baik.