Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis
dialog siswa kelas VII SMP Negeri 23 Makassar. Populasi penelitian ini
adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 23 Makassar yang
berjumlah 333 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 10% atau 34
orang siswa dari jumlah populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes esai. Data yang terkumpul dianalisis sesuai data yang
telah diperoleh hasil dari kelas yang diteliti dalam penelitian ini,
selanjutnya dianalisis secara deskripsi. Teknik analisis data terhadap
kemampuan menulis dialog siswa kelas VII SMP Negeri 23 Makassar
dilakukan dengan menggunakan skor keseluruhan aspek nilai rata-rata
yang dicapai siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri
23 Makassar mampu menulis dialog. Hal ini didasarkan pada kenyataan
bahwa menurut hasil tes kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Negeri
23 Makassar rata-rata siswa mencapai nilai 80 di atas nilai standar
penguasaan dalam menulis dialog. Dari 34 orang siswa atau 10% yang
diberikat tes esai kempuan menulis dialog, 28 orang siswa yang
memperoleh nilai di atas standar skor penilaian dan siswa yang
memperoleh skor nilai di bawah standar penilaian berjumlah 6 orang
siswa.