Abstract:
Penelitian ini bertujuan menguji kebenaran tentang adanya
pengaruh positif yang signifikan penerapan model pembelajaran
kontekstual terhadap kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas
VIII-9 SMP Negeri 8 Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis The One Group
Pretest-Posttes Design (satu kelompok prates-postes), yaitu memberikan
tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya
perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Makassar
dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali
pertemuan yaitu pertemuan pertama dilakukan tes awal sebelum adanya
perlakuan dan pertemuan kedua dilakukan tes akhir setelah adanya
perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan
model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis eksposisi
pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Makassar. Hal ini dapat dilihat
berdasarkan hasil perhitungan menunjukan thitung lebih besar daripada ttabel
yaitu 3,279 > 2,048 maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang
signifikan antara penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap
kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8
Makassar.