Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menulis narasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini dilakukan dengan
memberikan tugas mengarang narasi berdasarkan pengalaman
siswa.Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang
narasi.Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek
substansi dan aspek kebahasaan.Aspek substansi terdiri atas
kemampuan menyususun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi
narasi dengan pola pembelajaran yang intensif. Aspek kebahasaan
meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, dan paragraf.Sumber
data penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 SMP Negeri 8 Makassar
.Sebanyak 40 orang.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mereka
dalam mengembangkan narasi tersebut masih tergolong baik. Dilihat dari
segi persentase siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak
ada, kategori baik 30 orang atau 75%, kategori cukup 8 orang atau 20%,
dan kategori kurang 2 orang atau 5%.dan kategori sangat kurang tidak
ada.