Abstract:
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan model
pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama
siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar. Populasi dalam penelitian
adalah keseluruhan siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar berjumlah
40 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 39 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Makassar,
kecamatan Panakukang Telloh Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa SMP Negeri 23 Makassar, kecamatan Panakkukang Telloh
Baru sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif berupa rata-rata dan presentasi nilai rata-rata hasil
menulis siswa serta analisis inverensial dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis deskriptif untuk
instrumen dalam bentuk tes sebelum diterapkan efektifitas penerapan
model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah
drama diperoleh skor rata-rata 25 berada pada kategori rendah dan skor
rata-rata setelah diterapkan metode efektivitas penerapan model
pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama
diperoleh skor rata-rata 25 berada pada kategori sangat tinggi.
Adapun analisis statistic inverensial menunjukan t hitung= 25.67 dan t
tabel= 2.87 maka diperoleh t hitung>t tabel atau 25.56>2,89. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterimah . jadi, efektivitas
penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan
menulis naskah drama efek dalam meningkatkan hasil belajar menulis
naskah drama siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar.kecematan
panakkukang telloh baru