DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VII/6 SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author KILWAKIT, MUKIT
dc.date.accessioned 2023-03-16T01:36:30Z
dc.date.available 2023-03-16T01:36:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513102010
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5312
dc.description.abstract Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar berjumlah 40 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Makassar, kecamatan Panakukang Telloh Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 23 Makassar, kecamatan Panakkukang Telloh Baru sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa rata-rata dan presentasi nilai rata-rata hasil menulis siswa serta analisis inverensial dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis deskriptif untuk instrumen dalam bentuk tes sebelum diterapkan efektifitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama diperoleh skor rata-rata 25 berada pada kategori rendah dan skor rata-rata setelah diterapkan metode efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama diperoleh skor rata-rata 25 berada pada kategori sangat tinggi. Adapun analisis statistic inverensial menunjukan t hitung= 25.67 dan t tabel= 2.87 maka diperoleh t hitung>t tabel atau 25.56>2,89. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterimah . jadi, efektivitas penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis naskah drama efek dalam meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama siswa kelas VII/6 SMP Negeri 23 Makassar.kecematan panakkukang telloh baru en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject efektivitas penerapan kemampuan menulis naskah drama en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VII/6 SMP NEGERI 23 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account