Abstract:
Penelitian ini adalah Penelitian korelasi yang bertujuan untuk
menemukan ada tidaknya hubungan kebiasaan membaca siswa dengan
kemampuan berpidato siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar. Data
penelitian ini, yaitu data angket dan tes berpidato yang di analisis dengan
teknik deskritif. Populasi penelitian ini berjumlah 585 siswa yang terbagi
dalam 15 kelas. Sampel peneltian yaitu 50 siswa yang ditentukan dengan
teknik random sampling. Variabel penelitian, yaitu Kebiasaan membaca
sebagai variabel bebas dan kemampuan berpidato sebagai variabel
terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes
berpidato, angket yang digunakan terdiri dari 10 nomor dan teks pidato
disiapkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi antara Kebiasaan
membaca siswa dengan kemampuan berpidato siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Makassar. Hal ini dibuktikan dari hasil pengelolan data yang
menunjukan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel (produc moment).
Ketentuan bila r hitung lebih kecil daripada r tabel, maka Ho diterima dan
H1 ditolak. Tapi sebaliknya bila r hitung lebih besar dari r tabel maka Ho
diterima dan H1 ditolak. Ternyata r hitung (0,338) lebih besar dari r tabel
(0,288). Dengan demikian koefisien korelasi 0,338 itu signifikan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa adanya korelasi pada taraf koefisien
sedang antara kebiasaan membaca dengan kemampuan berpidato.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Diajukan saran sebagai berikut: (1)
Hendaknya siswa memiliki kebiasaan membaca kebiasaan yang tinggi.
Agar kemampuan berpidato dapat tercapai. (2) Hendaknya guru dapat
meningkatkan kebiasaan membaca siswa dengan menambah jam wajib
kunjungan keperpustakaan. (3) Hendaknya pihak sekolah mendukung
usaha tersebut dengan memperhatikan fasilitas yang dapat menunjang,
seperti menambah jumlah koleksi buku di perpustakaan. Hal ini penting
dilakuakan agar dapat memicu semangat dan motivasi siswa untuk
membaca. (4) Hendaknya orang tua dapat memberikan contoh kepada
anak dalam hal kebiasaan membaca agar dapat membentuk budaya
baca.