Abstract:
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep
pemasaran modern juga mengalami perkembangan dengan menempatkan
konsumen sebagai perhatian utama. Produsen berlomba-lomba untuk sebisa
mungkin dapat bersaing dengan para pesaingnya. Hal ini dapat dilihat dari
semakin banyaknya pelaku usaha yang menghasilkan produk dengan jenis yang
sama. Kualitas produk merupakan salah satu faktor yang dapat menarik pelanggan
untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Dalam perkembangan era
globalisasi, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang sangat ketat. Hal ini
membuat para perusahaan bersaing memperkuat kualitas produknya agar dapat
bersaing di Pasar yang memiliki banyak kompetitor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Piscok Super Makassar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik sampling dengan rumus Slovin. Alat ukur
yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kualitas dan skala harga yang
disebarkan sebanyak 94 subjek penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil
perhitungan ini didapatkan variabel kualitas produk memperoleh hasil thitung 3,167
dan variabel harga memperoleh hasil thitung 4,416 dengan nilai sig 0,000<0,01.
Dapat disimpulkan terdapat pengaruh kualitas dan harga secara simultan terhadap
keputusan pembelian pelanggan Piscok Super Makassar. Dari data penelitian ini
didapatkan bahwa subvariabel harga (X2) yang memiliki pengaruh paling dominan
yaitu sebesar 4,416