Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media field trip dalam meningkatkan kemampuan menulis
deskripsi siswa. Hal itu dilakukan di kelas VIII-4 SMPN 25 Makassar yang
terdiri dari 26 siswa sebagai sampel penelitian.
Penelitian ini menggunakan pra-eksperimental dengan satu
kelompok pre-test dan post-test. Peneliti melakukan pre-test, treatment,
dan post-test. Data diperoleh dengan menganalisis hasil test pre-test dan
post-test siswa.
Temuan penelitian menunjukan bahwa menggunakan media field
trip dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal itu dibuktikan
dengan skor rata-rata pre-test yaitu 59,5 digolongkan sebagai skor cukup
sehingga meningkat menjadi 71,8 pada post-test tergolong baik.
Persentase perbaikannya adalah 20,672%. Oleh karena itu ada
peningkatan yang signifikan dari kemampuan menulis siswa. Hal ini dapat
dilihat dari nilai t-test (4,700) lebih besar dari t-tabel (2,060) pada tingkat
signifikasi. Artinya, ini adalah perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan post-test siswa. Oleh karena itu, hipotesis HO ditolak dan H1
diterima. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan
menggunakan media karyawisata dalam penulisan deskripsi dapat
meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMPN 25
Makassar