Abstract:
Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Penerapan Metode Field Trip
Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada
Siswa Kelas VIII-A SMP Lewolema Kecamatan Kelubagolit Kabupaten
Flores Timur. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas yang
didesain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes dan observasi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Lewolema dengan jumlah 33
siswa. .
Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa
menunjukkan baik setelah dilakukan pada siklus II berdasarkan
permasalahan yang dialami siswa pada siklus I. Hal ini dibuktikan dari
siklus I, yaitu yang mendapatkan nilai 80 keatas sebanyak 17 orang atau
51%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 80
sebanyak 16 orang atau 48% .Sedangkan pada siklus II, ada peningkatan
menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 keatas
sebanyak 30 orang atau 90%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai
nilai kurang dari 80 yaitu 3 orang atau 9%. Oleh karena itu, penelitian ini
meningkat. Di sini dapat dilihat bahwa Penerapan Metode Field Trip Untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa
Kelas VIII-A SMP Lewolema Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores
Timur sudah meningkat.