Abstract:
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis
kalimat interogatif kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping guna meningkatkan
kemampuan menulis kalimat interogatif kelas VIII-6 SMP Negeri 8
Makassar. Oleh sebab itu, rumusan masalah dalam proposal ini adalah
apakah kemampuan menulis kalimat Interogatif dapat ditingkatkan dengan
metode Mind Mapping pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Makassar?.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action
research) dilaksanakan pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Makassar,
yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Tiap siklus terdiri atas, (1) perencanaan, (2) pelaksanan, (3)
observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas
VlII-6 SMP Negeri 8 Makassar tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 34
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis
kalimat interogatif siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Makassar. Pada siklus
I, 9 Siswa yang memperoleh nilai 80 keatas atau 26,4%. Sedangkan siswa
yang memperoleh nilai 80 kebawah 25 orang atau 73,6%. Pada siklus II,
30 orang siswa yang memperoleh nilai 80 ke atas atau 88,5%, sedangkan
siswa yang memperoleh nilai 80 ke bawah sebanyak 4 orang atau 11,5%.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan
hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya menulis kalimat Interogatif
pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 8 Makassar.